MY DREAMS FOR INDONESIA



Salah satu mimpiku tentang indonesia
Miris hatiku saat aku harus menyaksikan sampah sampah berserakan sepanjang jalan...
melihat orang dengan seenaknya membuang sampah di jalanan
bahkan lebih menyebalkan lagi kala harus melihat orang membuang sampah  dari mobil yang sedang berjalan
Pengin rasanya teriak meminta mereka mengambil kembali sampah yang di buang
tapi itu kan tidak mungkin

Ini hayalan dan mimpiku
Andaikan akau bisa jadi pemimpin di negeri ini
Aku ingin benahi semua sampah itu
Aku akan bikin sebuah undang undang bagi setiap orang yang membuang sampah
dan merusak lingkungan akan di ganjar dengan hukuman yang berat dan pelayanan masyarakat
Siapapun yang membuanng sampah sembarangan maka dia harus membayar sejumlah
uang untuk membeli peralatan kebersihan dan tong sampah dan memperbaiki lingkungan yang di rusak
dan dia harus membersihkan lokasi dia membuang sampah

Aku juga ingin membuat sebuah kebijakan 1 hari indonesia bebas sampah
membuat 1 hari dalam 1 th untuk mewajibkan setiap orang membersihkan tempat kerja
dan lingkungan hidup masing masing, dan di hari itu tidak ada aktivitas ekonomi semua tempat membersihkan lingkunganya masing masing
Dan aku juga akan membuat kejuaraan untuk mengumpulkan sampah sebanyak
banyaknya dari setiap kali yang mengalir di indonesia dengan hadian uang tunai dan sebuah penghargaan
dan perlombaan menanam pohon sebanyak banyaknya

Aku juga akan membuat setiap universitas di negeri ini untuk membuat inovasi pengolahan sampah
menjadi tenaga litrik atau apapun yang bermanfaat untuk negeri ini,
mewajibkan setiap instansi atau toko di pinggir jalan untuk menyediakan bak sampah masing-masing
dan satu lagi mengangkat petugas kebersihan menjadi pns yang bertanggung jawab mengawasi
dan kebersihan di seluruh indonesia, menghukum orang orang yang melanggar dan
menjamin kebersihan lingkungan

Tapi sayang itu masih menjadi mimpi yang mungkin hanya akan menjadi mimpi
Sedih rasanya kalau melihat berita asap di mana-mana karena kualitas udara yang buruk
dan aku sangat bersyukur karena aku tinggal di daerah dengan udara yang masih baik
tapi pertanyaannya ini salah siapa ?
Salah pemerintah kah ? mungkin karena bagaimanapun seharusnya pemerintah mampu membuat sebuah
peraturan yang tegas untuk para pembakar hutan itu
Tapi haruskah menyalahkan pemerintah saja ? tentu saja tidak yang saya lihat di tv pemerintah
sudah sekuat tenaga memadamkan api itu dan menurunkan bahkan ribuan personil TNI untuk
memadamkan itu dan melakukan upaya yang luar biasa

Pertanyaanku kemudian bagaimana dengan masyarakat disana ?
Apa mereka hanya menjadi korban saja tentu saja tidak karena anggota masyarakat juga yang membuat
kebakaran itu terjadi, keserakahan dan ketidak pedulian membuat semua menerima akibatnya
walau orang yang tak tau apa2

Ntahlah....
Karena ternyata aku baru bisa menulis belum bisa berbuat apa2, mungkin suatu saat nanti
semoga kesempatan itu ada dan akan ku ubah dunia
Mungkin sekarang aku mulai dari lingkunganku sendiri akan aku coba

aniee


0 Response to "MY DREAMS FOR INDONESIA"

Post a Comment